headerrev

 

Kabupaten Mesuji merupakan daerah otonom baru yang letaknya berbatasan langsung dengan kabupaten oki sumatera selatan.
Perjuangan Kabupaten ini untuk menjadi daerah yang maju dan berkembang masih terus dinantikan oleh masyarakat, mulai dari dimekarkannya daerah ini yang semula masih bergabung dengan kabupaten induk tulang bawang, hingga mendapatkan bupati definitif pertama kali.

Tidak ada sesuatu yang bisa diandalkan kabupaten ini untuk mendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD), PAD masih sangat kecil hanya berkisar miliaran rupiah, APBD pun terkecil se Provinsi Lampung, Kabupaten Mesuji masih bergantung dengan Dana bagi hasil dan perimbangan dari pemerintah pusat.

Menariknya kabupaten mesuji menjadi salah satu daerah penyuplai hasil pertanian, mesuji merupakan daerah penghasil beras dan menjadi lumbung pangan provinsi lampung. Meskipun daerah ini dikelilingi oleh perusahaan perusahaan raksasa, dibebera wilayah mesuji seperti kecamatan rawajitu utara, kecamatan mesuji timur, merupakan daerah rawa penghasil padi yang sangat subur.

Indek pembangunan manusia mesuji cukup tinggi diatas rata2 melampaui beberapa kabupaten lain, ekonomi tumbuh mengikuti target pertumbuhan nasional.
Oleh karenanya Kabupaten Mesuji sangat berpotensi untuk menjadi daerah yang berkembang.

Adanya pembangunan jalan tol juga sangat menguntungkan kabupaten ini, mesuji mendapat 2 pintu exit yang menghubungkan mesuji, sehingga akses menuju kabupaten ini sangat mudah.
Pembangunan infrastruktur jalan mesuji pun juga menyeimbangkan jalan tol dengan melakukan swakelola Lc di beberapa ruas jalan utama mesuji, begitupun dengan Jalan provinsi yang juga terus melakukan perbaikan.

Namun mesuji tetaplah mesuji daerah yang masih perlu upaya percepatan pembangunan, agar para investor bisa datang ke kabupaten ini, pemerintah pusat bisa mewujudkan beberapa program besar yang luar biasa agar menjadi satu kesatuan jalan tol yang sudah ada.

Mesuji memiliki sungai besar yang menjadi cikal bakal awal sejarah mesuji, sungai ini juga menjadi pemisah antara mesuji dan oki sumatera selatan, oleh karennya sangat mungkin dan layak untuk dibangun jembatan penghubung di sungai mesuji, yang menghubungkan keduanya, dan ini bisa menjadi icon sekaligus pintu masuk dan keluar masyarakat. Selain itu mesuji juga sangat memimpikan adanya pembangunan dermaga pelabuhan sepertihalnya pelabuhan bakauheni, sehingga kendaraan yang berasal dari wilayah sumatera tidak perlu jauh jauh ke bakauheni, atau minimal bisa mengurangi kepadatan pelabuhan bakauheni. Hal ini pernah digagas oleh Bupati Mesuji Non aktif Khamami.

Dengan terbangunnya jembatan dan dermaga, maka ekonomi dan pembangunan mesuji dapat dipastikan akan melampaui kabupaten lain, dan bisa menjadi andalan baru provinsi Lampung.

NAN

Twitter

Video

Image

© 2018 budiyuhanda.com. All Rights Reserved.