headerrev

 

Sungai mesuji memiliki sejuta pesona selain menjadi penghubung sekaligus pemabatas anatara provinsi lampung dan provinsi sumatera selatan, sungai mesuji dikenal sebagai awal tonggak sejarah berdirinya kabupaten mesuji, sekaligus awal bangkitnya sejarah perekonomian mesuji, karena banyak para pedagang dahulu kala yang datang masuk ke mesuji melalui jalur sungai mesuji.

Kini sungai mesuji semakin sunyi karena roda aktivias kendaraan sungai tidak lagi menjadi yang utama, selain sudah terhubungnya jalur darat yang terintegrasi, jalur sungai tidak lagi menjadi pilihan, praktis hanya untuk kendaraan pengangkut material kayu dan penyebrangan masyarakat yang berbatasan dengan mesuji seperti desa sungai ceper dan desa gajah mati kabupten oki sumatera selatan menuju desa wiralaga kabupaten mesuji ataupun sebaliknya.

Wiralaga merupakan salah satu desa tertua yang ada dikabupaten mesuji yang terletak persis berdampingan dengan sungai. Menjadi desa tertua dan ditempati mayoritas penduduk asli mesuji tidak menjadikan desa wiralaga menjadi desa yang tersukses dikabupaten mesuji, hasil survei ipm desa ini juga masih dibawah rata rata, meski cukup stabil tapi pertumbuhan dari tahun ke tahun terbilang tidak cukup baik dan stag.

Kini desa wiralaga telah diresmikan menjadi desa wisata, even festival sungai yang diselenggarakan setiap tahunnya dalam hut mesuji, menjadikan desa wiralaga semakin mengkokokhkan dirinya sebagai desa wisata karena berbatasan langsung dengan sungai mesuji. Namun keberadaannya sebagai destinasi wisata belum cukup mengangkat kesejahteraan masyarakat sekitar, karena wisatawan belum juga datang, dan yang datang hanya masyarakat sekitar mesuji saja.

Ini tak lain karena sarana dan prasarana sekitar hanya alakadar dan tidak memadai, belum ada zona spot yang memiliki nilai jual standar wisata yang menarik untuk dikunjungi, tak hanya itu prasarana yang ada pun tidak terawat, belum ada terobosan dan himbauan penertiban mck, tidak ada inovasi dan kreatifitas dari pemerintah kabupaten mesuji.

KeIndahan sungai mesuji pun belum terpoles sama sekali, Anggota Dprd Provinsi Budi Yuhanda menggagas dan berinisiasi untuk dapat dibangun jembatan penghubung antara kabupaten mesuji dan kabupten oki, ini bisa menjadi luar biasa dan bisa menjadinicon kabupaten mesuji, serta akan menghidupkan perkonomian.

Budi meyakini kalau sungai kita bangkit, pasti investor akan datang, saat ini mungkin belum ada investor yang melirik karena mesuji masih dalam zona merah zona yang rawan konflik terlebih di daerah perairan. Ini yang harus kita rubah paradigma orang luar mesuji, tentu dengan kerja keras dan kerja nyata dari pemerintah setempat.

NAN

Twitter

Video

Selamat Ramadhan

© 2018 budiyuhanda.com. All Rights Reserved.